TAMBAH PENGALAMAN setelah WAWANCARA euy.

SEAMOLEC JAKARTA

Nama saya Ephiscia Dina A mahasiswi dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, mengapa saya bias berada di Seamolec Jakarta ?? karena universitas saya khususnya prodi saya Pendidikan Tehnik Informatika dan Komputer sedang mengadakan Joint Program dengan Seamolec Jakarta .

Saya menulis tulisan ini setelah saya mewawancarai salah satu staf di Seamolec yaitu bapak Renaldo Rhesky Nosyafril di bagian divisi IT Jaringan, beliau lahir di Ponorogo tanggal 16 November dan sekarang tinggal di Pamulang. Awalnya tahun ’87 beliau sekeluarga pindah ke Jakarta . Beliau  bergabung di Seamolec pada tahun 2007 dan menjabat sebagai Marketing dan baru tahun 2013 beliau bergabung ke Divisi IT Jaringan, pengalaman mengajar pertama di Seamolec .

Setelah mewawancarai beliau saya mengerti apa itu SEAMOLEC .  Garis besarnya SEAMOLEC adalah salah satu lembaga yang berdiri di bidang pendidikan dalam lingkup ASIA TENGGARA. Di ASIA TENGGARA organisasi ini disebut dengan SEAMEO . Di Jakarta SEAMOLEC  bertugas untuk melakukan riset dan pengembangan kemudian menghasilkan suatu hasil dari riset tersebut dan kemudian  setiap hasil riset dari masing-masing  negara wajib  di-share ke seluruh Negara yang berada di ASIA TENGGARA . Seamolec Jakarta berdiri di bawah naungan Menteri Pendidikan Indonesia . SEAMOLEC mengurusi pendidikan khususnya dalam hal Pendidikan Jarak Jauh atau PJJ. Di sini SEAMOLEC melakukan riset pada tiap generasinya dan melaporkan atau memasarkan hasil riset tersebut ke Menteri Pendidikan untuk melakukan perbandingan . Demikian sedikit tentang sejarah SEAMOLEC .

Saya menyimpulkan dari hasil wawancara dengan bapak Edo, khususnya tentang divisi beliau yaitu divisi IT Jaringan. Sebelumnya saya akan memaparkan divisi apa saja yang ada di SEAMOLEC antara lain :

  • DIVISI TRAINING à divisi ini bertugaas untuk memasarkan,memberitahu kepada masyarakat tentang keberadaan SEAMOLEC.
  • DIVISI IT  à divisi ini membantu divisi training , ada dua divisi yaitu IT Jaringan dan IT content , IT jaringan bertugas sebagai supporting division yaitu mensuport segala sesuatu dalam bentuk fisik(nyata) maupun maya atau helpdesk nya di SEAMOLEC. Dan yang kedua adalah IT content bertugas untuk membuat content atau yang memikirkan konsep . Di divisi ini IT Jaringan merupakan RAJA tetapi IT Content adalah MAHA RAJA.
  • DIVISI ADMINISTRASI à Jika melakukan riset tentunya SEAMOLEC membutuhkan dana yang lumyan untuk menjalankan riset tersebut, SEAMOLEC mendapatkan dana dari 2 sumber, yang pertama dari masing-masing Negara di ASIA TENGGARA dan kedua dari Kementrian Indonesia.
  • DIVISI PUBLIC RELATION and MARKETING à divisi ini bertugas untuk memasarkan hasil riset ke Kementrian Indonesia.

Dan pengalaman yang saya dapat dari bapak EDO saya di ajarkan untuk membuat video presentasi, video presentasi digunakan dalam pembuatan buku digital/simulasi digital. Video ini merupakan kelengkapan/komponen yang ada dari sebuah buku digital. Di dalam pembuatan video presentasi ini saya diajarkan untuk membuat/menjadi operator dalam pembuatan video tersebut, yang berada dibalik layar dan mengatur berjalan nya video tersebut sampai selesai di record ataupun di broadcast secara langsung . Disini beliau mengajarkan mulai dari cara menginstal Wirecast dan Desktop Presenter. Disini saya diajarkan untuk membuat live streaming maupun on demand streaming . Jika ingin membuat kedua striming tersebut kita bisa menggunakan Wirecast sebagai medianya , jika ingin live streaming maka kita menggunakan perintah broadcast dan jika ingin on demand streaming kita bisa menggunakan perintah record. Jika kita ingin melakukan live streaming kita juga harus connect ke tv online , salah satunya seperti Justin.tv . sedangkan untuk on demand menggunakan record disini saya mendapatkan ilmu mulai dari mulai mengganti background, memberi title,memasukkan gambar video maupun music. Cara menggunakan chroma key cara memasukkan tulisan dan lain sebagainya .Video ini bisa dilakukan menggunakan laptop maupun langsung di dalam studio, jika ingin mendapakan hasil yang bagus atau memuaskan untuk melakukan streaming kita memerlukan koneksi internet yang kuat , jika kita menggunakan laptop. karena jika tidak ada kabel LAN kita bertukar data hanya mengandalkan jaringan internet yang tersedia, jika jaringan nya jelek maka hasilnya juga akan terputus-putus .Demikian sedikit ulasan tentang pembuatan video presentasi yang dapat saya jelaskan. Tetapi pada intinya saya mendapatkan pelajaran tentang membuat video presentasi , secara singkatnya sudah saya jelaskan atau paparkan diatas.

Terimakasih 🙂

Leave a comment